ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu Budaya Dasar merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan
pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji suatu masalah manusia dan kebudayaan.
Untuk mengetahui bahwa Ilmu Budaya Dasar termasuk kelompok pengetahuan
budaya, lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.
Prof.Dr.Harsya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan
dalam tiga kelompok besar, yaitu :
* Ilmu-ilmu Alamiah ( natural science )
* Ilmu-ilmu Sosial ( social science )
* Pengetahuan budaya ( the humanities )
Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar
dalam bahasa Inggris disebut dengan Basic Humanities. Pengetahuan budaya dalam
bahasa inggris disebut dengan istilah the humanities. pengetahuan budaya
mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai mahluk betbudaya ( homo humanus ),
sedangkan Ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan mengenai
pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan
untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.
TUJUAN ILMU BUDAYA DASAR
Ilmu Budaya Dasar diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Mata kuliah Ilmu Budaya
Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang
keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities). akan tetapi
ilmu budaya dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian
mahasiswa dengan memperluas wawasan pemikiran serta kemarnpuan kritikalnya
terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam
sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
Tujuan dari Ilmu Budaya Dasar tersebut yaitu :
1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, agar mereka
lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baik .
2. Lebih memberi kesempatan pada mahasiswa/i untuk memperluas pandangan
mereka tentang masalah kemánusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis
mereka terhadap persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3. Mengusahakan wahana komunikasi para mereka mahasiswa/i lebih mampu
berdialog satu sama lain yang di harapkan akan lebih lancar lagi dalam
berkomunikasi.
4. Mengenal
lebih dalam dirinya sendiri maupun orang lain yang sebelumnya lebih dikenal
luarnya saja
Dalam Ilmu Budaya Dasar memiliki ruang lingkup
Terdapat dua masalah
pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup
kajian mata kuliah Ilmu Budaya Dasar . Kedua masalah pokok tersebut yaitu :
1.
Berbagai aspek kehidupan yang merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya
yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya baik dari segi
masing-masing keahlian didalam pengetahuan budaya maupun secara gabungan
berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.
Bragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Jadi, Hal – hal yang berkaitan erat dengan unsur kebudayaan menjadi fokus utama dalam ruang lingkup IBD. Ragam budaya yang ada di Indonesia dikaji dengan cermat untuk memberikan kontribusi yang dapat diterima oleh semua pihak. Tingkat pendidikan kebudayaan merupakan salah satu dasar untuk menjalani kehidupan berbudaya dalam berbangsa, jelas dalam hal merangkai kebudayaan ini merupakan ruang lingkup IBD.
Menilik kedua pokok masalah yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD. Jadi, Hal – hal yang berkaitan erat dengan unsur kebudayaan menjadi fokus utama dalam ruang lingkup IBD. Ragam budaya yang ada di Indonesia dikaji dengan cermat untuk memberikan kontribusi yang dapat diterima oleh semua pihak. Tingkat pendidikan kebudayaan merupakan salah satu dasar untuk menjalani kehidupan berbudaya dalam berbangsa, jelas dalam hal merangkai kebudayaan ini merupakan ruang lingkup IBD.
Dari ilmu yang dapat
dipelajari dari materi sebelum nya tentang mata kuliah ISD (ilmu sosial dasar)
dapat di lihat tentang perbedaan dengan apa yang akan kita akan pelajari
tentang mata kuliah saat ini IBD . Perbedaannya yaitu :
Ilmu Budaya dasar Kebudayaan ataupun yang disebut peradaban mengandung pengertian
yang luas, meliputi pemahaman perasaan sauatu bangsa yang kompleks, meliputi
pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat dan pembawaan
lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat. penciptaan, penertiban, dan
pengolahan nilai-nilai insani tercakup didalamnya usaha memanusiakan diri
didalam alam lingkungan, baik fisik maupun sosial. ) identik dengan basic humanities yang memiliki
artimanusiawi, berbudaya, dan halus . Dengan mempelajari Ilmu Budaya Dasar
dalam mata kuliah ini diharapkan
mahasiswa/i bisa menjadi seseorang menjadi lebih manusiawi dan lebih berbudaya.
Ilmu sosial dasar pengetahuannya yang memecahkan masalah-masalah
sosial, khususnya yaitu masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia,
dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang ilmu
pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti geografi social,
sosiologi, antropologi social, ilmu politik, ekonomi, psikologi social, dan
sejarah). dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan
maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi
secara berbeda oleh para ahli ilmu sosial. Karena adanya perbedaan latar
belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar