Saat ini saya di minta untuk membuat garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan OpenGL. Sebenarnya saya belum tahu apa itu OpenGL dan bagai mana cara menggunakannya. Kemudian saya diberi tahu apa itu OpenGL. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas dari matakuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra. Berikut ini penjelasan singkat menegenai OpenGL dan aplikasi-aplikasi apa saya yang di perlukan untuk mendukungOpenGL. Serta cara penginstallan dan cara pembuatan garis-garis yang diminta menggunakan OpenGL. Sebelumnya apakah anda tau pengertian OpenGLya disini akan dibahas OpenGL yaitu OpenGL (Open Graphics Library)[3] adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dansimulasi penerbangan. Pada pembuatan garis kali ini saya menggunakan DEV C++ sebagai IDE(Integrated Developmet Environment) untuk membuat program ini.
Peralatan yang digunakan untuk membuat program ini antara lain :
1. DEV C++ Sebagai IDE(Integrated Developmet Environment),Jika belum punya bisa download di :
http://www.bloodshed.net/dev/devcpp.html
2. Header Glut (Header yang digunakan untuk menuliskan program OpenGL)
Jika belum punya bisa download di http://www.javaforge.com/doc/105278
Nah setelah dua peralatan tersebut anda miliki silakan instal DevC++ nya,setelah selesai instal DevC++ instal header Glutnya dengan Cara berikut :
1. Buka Dev C++
2. Klik Menu Tools Lalu Pilih Package Manager
3.lalu akan muncul jendela Package manager,klik ditombol
instal lalu arahkan ke lokasi anda menyimpan file header Glut yang sudah anda
download sebelumnya.
Ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca
4.lalu klik open dan instal sampai selesai.
Membuat project baru
Setelah berhasil menginstal DEV C++ beserta header untuk OpenGL, sekarang mulai membuat program dengan membuat project baru, dengan langkah sebagai berikut :
- Klik menu File > Pilih New > Project .
- Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL lalu beri nama Project.
Setelah
anda membuat project baru dengan cara diatas Form Source Code yang anda lihat
bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi
source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian
yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan
program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini
saja .
1. Garis Vertikal
Untuk
Membuat garis Vertikal tuliskan code berikut setelah komentar /* OpenGL
animation code goes here */ :
/*Untuk
membuat garis Vertikal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna
hitam]
glPushMatrix
(); //[Membuat baris kode menjadi
tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
//[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
//[untuk menggambar
garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);
//[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);
// [ untuk menentukan
titik akhir yang digunakan ]
glEnd
(); //[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix
(); //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
}
}
/* shutdown OpenGL */
Setelah
anda menuliskan code tersebut sekarang coba jalankan file dengan mengcompile
project dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk
di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol
yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan
menghasilkan output .
berikut
ini hasil output dari program diatas :
2.
Garis Horizontal
Caranya
sama seperti membuat garis vertikal hanya saja Code yang dituliskan seperti
berikut :
/*
OpenGL animation code goes here */
/*Untuk
membuat garis Horizontal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna
hitam]
glPushMatrix();
//[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
//[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
//[untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); //[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); //[ untuk menentukan titik yang digunakan
]
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); //[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd();
////[untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir ]
glPopMatrix();
//[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
}
}
/* shutdown OpenGL */
3.
Garis Diagonal
Code
yang dituliskan adalah Seperti berikut :
/*
OpenGL animation code goes here */
/*Untuk
membuat garis Diagonal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan
warna hitam]
glPushMatrix
(); //[Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);
//[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);
//[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan
]
glVertex3f(0,0,-0.8);
//[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);
//[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd
(); //[untuk mengakhiri gambar
garis dititik akhir ]
glPopMatrix
(); //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
}
}
/* shutdown OpenGL */
Maka
hasil Outputnya akan seperti gambar berikut :
Itulah
cara membuat garis vertikal,horizontal dan diagonal dengan DevC++ pada OpenGL.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar