Rabu, 12 Oktober 2011

Komisi Nasional Perempuan


Komisi Nasional Perempuan
Komisi nasional perempan atau sering di sebut komnas perempuan yaitu suatu lembaga independen di indonesia untuk menghapus kekerasan terhadap wanita di indonesia.
Beberapa fakta tentang kekerasan maupun tindakan lain terhadap wanita yaitu tercatatnya 152 korban pemerkosaan dan 20 di antaranya di bunuh . atas kejadian tersebut para tercapai kesepakatan dengan Presiden RI untuk mendirikan sebuah komisi independen di tingkat nasional yang bertugas menciptakan kondisi yang kondusif bagi penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan penegakan HAM perempuan di Indonesia.
Komnas perempuan juga memiliki beberapa peran yaitu di antaranya menjadi pusat sumber (informasi) tentang hak asasi perempuan sebagai hak asasi manusia dan kekerasan terhadap perempuan sebagai pelanggaran HAM , menjadi fasilitator pengembangan dan penguatan jaringan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk kepentingan pencegahan, peningkatan kapasitas penanganan dan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan.
Ada beberapa nilai yang di pegang teguh komnas perempuan yaitu kemanusiaan , keberagamaan , solidaritas , kemandirian , akuntabilitas dan yag terakhir adalah anti kekerasan maupun anti diskriminasi .
Menurut pendapat sya di adakan nya komnas atau komisi nasional perempuasn ini sangat bagus karena pelecehan di kalangan perempuan di indonesia ini semakin banyak dan dari lemaga inilah yang sangat membantu untuk kita melapor kita jika kita mendapat tindakan yang tidak menyenangkan . Semakin kuat lebaga ini di didirikan dan juga yang melakukan di beri sanksi yang berat hingga tersangka menjadi jera melakukan tindakan yang tidak pantas  maka tindak kekerasa pemerkosaan maupun yang lain lain akan berkurang .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar