Minggu, 06 Juli 2014

Penjelasan Teori Proposal & contoh Proposal Ilmiah




Pengertian Proposal
Proposal adalah suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar. Untuk memudahkan pengertian proposal yang dimaksud dalam tulisan ini, kita dapat membandingkannya dengan istilah “Proposal Penelitian” dalam dunia ilmiah (pendidikan) yang disusun oleh seorang peneliti atau mahasiswa yang akan membuat penelitian (skripsi, tesis, disertasi). Dalam dunia ilmiah, proposal adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian. Bentuk “Proposal Penelitian” ini, biasanya memiliki suatu bentuk baku, dengan berbagai standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll.
Proposal yang akan dibahas dalam tulisan ini adalah “Proposal Umum” yang sering digunakan sebagai usulan atau rancangan kegiatan. Bentuk proposal ini memiliki banyak kemiripan dengan model “Proposal Penelitian” yang digunakan dalam dunia ilmiah, namun karena sifatnya yang lebih umum maka “Proposal Umum” biasanya lebih lentur dalam penggunaan bahasa dan tidak terlalu kaku dalam aturan penulisan. Namun, walaupun lebih “bebas”, penulisan “Proposal Umum” tetap harus mengindahkan kaidah-kaidah dan sistematika tertentu, agar dapat dengan mudah dimengerti oleh orang-orang yang membaca proposal tersebut.
Secara mendasar, harus di garis bawahi bahwa penulisan proposal hanya salah satu dari sekian banyak tahap perencanaan, seperti yang telah diuraikan sebelumnya dalam buku ini. Penulisan proposal adalah suatu langkah penggabungan dari berbagai perencanaan yang telah dibuat dalam tahap-tahap sebelumnya. Ini berarti, tanpa terlebih dahulu melakukan langkah-langkah sebagaimana yang diuraikan dalam buku ini, maka kemungkinan besar penulisan proposal akan menemui kesulitan.
Sistematika Proposal
1. Pendahuluan
a. Berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatar belakangi dilaksanakan kegiatan tersebut.
b. Hubungan kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari (nyata)
c. Point-point pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T yang telah dibahas sebelumnya.
2. Dasar Pemikiran
a. Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan, misalnya: program kerja pengurus dan lain-lain
b. Jika kegiatan tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya : Peraturan Pemerintah No sekian
3. Tujuan
a. Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
b. Tentukan juga keluaran ( output ) yang dikehendaki seperti apa
Contoh :
- Memperoleh kader-kader karang taruna
- Memberi pengetahuan manajerial dan leadership bagi calon anggota
4. Tema
-. Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut
5. Jenis Kegiatan
a. Diperlukan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih dari satu,
b. Menjelaskan bentuk dari kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan, penyampain materi secara lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
6. Target
-. Berisi uraian yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran-ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
Contoh :
-. Target acara ini adalah untuk mencetak minimal 25 orang fasilitator yang masing-masing diantaranya, memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, dan setiap pelatih tersebut memiliki nilai rata-rata diatas 7 (dengan range 10) dalam setiap materi pelatihan.
7. Sasaran/Peserta
-. Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
-. Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
9. Anggaran Dana
-. Dalam anggaran disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran tersendiri
10. Susunan Panitia
-. Dalam halaman atau bagaian susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting-penting saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Streering Commite dll, sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.
11. Jadwal Kegiatan
a. Dibuat sesuai dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya
b. Atau bisa juga ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
12. Penutup
a. Berisi tentang harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak.
b. Ditutup dengan lembar pengesahan proposal
c. Terakhir, diikuti dengan lampiran
Pembuatan proposal merupakan proses akhir dari analisa manajemen organsasi. Proposal merupakan suatu bentuk dokumentasi ringkas dari analisa manajemen organisasi yang telah dilaksanakan sebelumnya, dan disajikan dalam bentuk yang terstruktur, singkat dan jelas seperti yang telah disampaikan diatas. Sehingga item-item yang terdapat pada proposal dibuat berdasarkan/mengacu pada hasil dari analisa manajemen organisasi.

Contoh Proposal Ilmiah Jurusan Sistem Informasi

PROPOSAL ILMIAH

A.    JUDUL PENELITIAN
Aplikasi Informasi Katalog Multimedia Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3

B.     PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah
Pada masa sekarang ini, ada banyak jenis-jenis katalog tergantung fungsi dan kebutuhannya. Namun pada dasarnya jenis katalog yang umum atau sering kita dengar merupakan sudah sangat familiar. Katalog dalam dunia bisnis bagaikan sebuah jembatan komunikasi antara produsen dengan konsumen.
Aneka kreasi katalog dengan desain yang menarik ditawarkan dengan harga yang bersaing. Konsumen bisa dengan cerdas memutuskan untuk membeli barang mana yang mereka suka hanya dengan membaca katalog bisnis. Hemat waktu dan efektivitas pekerjaan pun akan tercapai melalui sarana katalog (Anneahira, 2010). Ketika anda berniat untuk melakukan promosi dan ingin membuat aplikasi katalog elektronik, hal yang harus diperhatikan adalah membuat aplikasi yang user-friendly atau artinya janganlah membuat calon konsumen anda dibuat sulit untuk mengerti dalam pengoperasian aplikasi katalog yang anda buat (Anneahira, 2010). Katalog dikemas dalam bentuk multimedia yang menampilkan informasi secara jelas dan mudah dimengerti. Dalam hal tersebut membuat saya berpikir untuk membuat aplikasi katalog yang berhubungan dengan musik, karena setelah saya melihat dan mencari pada media internet masih sedikit untuk pembuatan aplikasi katalog musik untuk dijadikan peluang bisnis saat ini.
Dari permasalahan tersebutlah yang menjadikan landasan utama dalam pembuatan Penulisan Ilmiah ini. Pembuatan aplikasi sederhana ini akan diawali dengan “Aplikasi Informasi Katalog Multimedia Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3”.


Batasan Masalah
Batasan masalah yang penulis ambil dari penulisan ilmiah ini yaitu perancangan aplikasi katalog yang banyak memiliki informasi tentang beberapa tampilan animasi, asal-usul dari penyanyi tersebut, dan informasi-informasi menarik untuk memikat konsumen yang ada dengan penggunaan Swish Max4 tanpa terhubung dengan konektifitas internet dan juga didukung dengan aplikasi Adobe Photoshop CS3 yang digunakan dalam pembuatan aplikasi tersebut.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk memberikan inovasi lain dalam katalog musik dan juga informasi menarik yang dapat dinikmati, tidak sekedar mendengarkan musik. Namun lebih ingin mencoba sesuatu yang simpel, baru dan unik serta memberikan tambahan inovasi baru terhadap jenis-jenis katalog yang sudah kita ketahui sebelumnya.
Metode Penelitian
Dalam menyusun dan menyelesaikan penulisan ini, penulis melakukan pencarian data dengan menggunakan metode studi pustaka, browsing di internet serta mempelajari dari buku-buku referensi yang membahas tentang pembuatan aplikasi tersebut.
Pembuatan aplikasi ini membutuhkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras yang digunakan saat membuat aplikasi adalah satu unit personal komputer lengkap dengan CPU, Keyboard, Mouse, Monitor dan Sound System.

Spesifikasi CPU yang lebih detail adalah :
·         Processor             : Dual Core ES200 2.5GHz
·         Memory (RAM)   : 1 GB (APOG)
·         Hard Disk            : 160 GB (Hitachi)
·         Video Card          : GeForce 9300 GS

Perangkat lunak (software) yang digunakan  antara lain :
·         SWISH Max4
·         Adobe Photoshop CS3
Wave Pad Sound Editor V5.22
Sistematika Penulisan
Dalam penulisan, penelitian ini dijelaskan dalam 4 bab. Sistem penulisan bab dan gambaran isi masing-masingnya  adalah sebagai berikut :

Bab I PENDAHULUAN
Menjelaskan tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan serta sistematika penulisan.

Bab II         LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang teori-teori mengenai yang berhubungan dengan katalog, musik dan software-software yang dipakai untuk membangun aplikasi informasi ini.

Bab III        ANALISA PEMBAHASAN
Menjelaskan tentang tata cara pembuatan aplikasi informasi katalog musik yang meliputi penjelasan script yang menghubungkan antar scene/halaman aplikasi, memasukkan objek ke scene/halaman, memberikan efek animasi, serta menuliskan/memasukkan script pada scene. Dengan menggunakan SWISH Max4 dan Adobe Photoshop CS3.

Bab IV        PENUTUP
Terdiri dari Kesimpulan dan Saran yang diperoleh dari pembahasan Penulisan Ilmiah.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar