Pengertian Proposal
Proposal adalah
suatu bentuk rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal dan standar.
Untuk memudahkan pengertian proposal yang dimaksud dalam tulisan ini, kita
dapat membandingkannya dengan istilah “Proposal Penelitian” dalam dunia ilmiah
(pendidikan) yang disusun oleh seorang peneliti atau mahasiswa yang akan
membuat penelitian (skripsi, tesis, disertasi). Dalam dunia ilmiah, proposal
adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan
dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian. Bentuk
“Proposal Penelitian” ini, biasanya memiliki suatu bentuk baku, dengan berbagai
standar tertentu seperti penggunaan bahasa, tanda baca, kutipan dll.
Proposal yang akan
dibahas dalam tulisan ini adalah “Proposal Umum” yang sering digunakan sebagai
usulan atau rancangan kegiatan. Bentuk proposal ini memiliki banyak kemiripan
dengan model “Proposal Penelitian” yang digunakan dalam dunia ilmiah, namun
karena sifatnya yang lebih umum maka “Proposal Umum” biasanya lebih lentur
dalam penggunaan bahasa dan tidak terlalu kaku dalam aturan penulisan. Namun,
walaupun lebih “bebas”, penulisan “Proposal Umum” tetap harus mengindahkan
kaidah-kaidah dan sistematika tertentu, agar dapat dengan mudah dimengerti oleh
orang-orang yang membaca proposal tersebut.
Secara mendasar,
harus di garis bawahi bahwa penulisan proposal hanya salah satu dari sekian
banyak tahap perencanaan, seperti yang telah diuraikan sebelumnya dalam buku
ini. Penulisan proposal adalah suatu langkah penggabungan dari berbagai
perencanaan yang telah dibuat dalam tahap-tahap sebelumnya. Ini berarti, tanpa
terlebih dahulu melakukan langkah-langkah sebagaimana yang diuraikan dalam buku
ini, maka kemungkinan besar penulisan proposal akan menemui kesulitan.
Sistematika
Proposal
1. Pendahuluan
a. Berisi tentang
hal-hal dan kondisi umum yang melatar belakangi dilaksanakan kegiatan tersebut.
b. Hubungan
kegiatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari (nyata)
c. Point-point
pembahasan pada pendahuluan ini, mengacu pada komponen S-W-O-T yang telah
dibahas sebelumnya.
2. Dasar Pemikiran
a. Berisi tentang
dasar yang digunakan dalam pelaksanaan, misalnya: program kerja pengurus dan lain-lain
b. Jika kegiatan
tersebut bukan dari organisasi, maka didasarkan secara umum, misalnya :
Peraturan Pemerintah No sekian
3. Tujuan
a. Tujuan yang
ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)
b. Tentukan juga
keluaran ( output ) yang dikehendaki seperti apa
Contoh :
- Memperoleh
kader-kader karang taruna
- Memberi
pengetahuan manajerial dan leadership bagi calon anggota
4. Tema
-. Tema yang
diangkat dalam kegiatan tersebut
5. Jenis Kegiatan
a. Diperlukan untuk
menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan jika kegiatannya lebih
dari satu,
b. Menjelaskan
bentuk dari kegiatan tersebut. Misal: berupa Seminar, Pelatihan, penyampain
materi secara lisan, Tanya jawab dan simulasi dll.
6. Target
-. Berisi uraian
yang lebih terperinci dari Tujuan (Point 3) terutama mengenai ukuran-ukuran
yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan.
Contoh :
-. Target acara ini
adalah untuk mencetak minimal 25 orang fasilitator yang masing-masing
diantaranya, memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan organisasi, dan
setiap pelatih tersebut memiliki nilai rata-rata diatas 7 (dengan range 10)
dalam setiap materi pelatihan.
7. Sasaran/Peserta
-. Menjelaskan
tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih
kenal dengan peserta)
8. Waktu dan Tempat
Pelaksanaan
-. Tentukan dimana,
hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan
tersebut.
9. Anggaran Dana
-. Dalam anggaran
disini, hanya disebutkan jumlah total pemasukan dan pengeluaran yang
diperkirakan oleh panitia, sedangkan rinciannya dibuat dalam lampiran
tersendiri
10. Susunan Panitia
-. Dalam halaman
atau bagaian susuna panitia, biasanya hanya ditulis posisi yang penting-penting
saja, seperti Pelindung Kegiatan, Ketua panitia, Streering Commite dll,
sedangkan kepanitian lengkap dicantumkan dalam lampiran.
11. Jadwal Kegiatan
a. Dibuat sesuai
dengan perencanaan dalam kalender Kegiatan yang telah disusun sebelumnya
b. Atau bisa juga
ditulis terlampir, jika jadwalnya banyak.
12. Penutup
a. Berisi tentang
harapan yang ingin dicapai dan mohon dukungan bagi semua pihak.
b. Ditutup dengan
lembar pengesahan proposal
c. Terakhir,
diikuti dengan lampiran
Pembuatan proposal
merupakan proses akhir dari analisa manajemen organsasi. Proposal merupakan
suatu bentuk dokumentasi ringkas dari analisa manajemen organisasi yang telah
dilaksanakan sebelumnya, dan disajikan dalam bentuk yang terstruktur, singkat
dan jelas seperti yang telah disampaikan diatas. Sehingga item-item yang
terdapat pada proposal dibuat berdasarkan/mengacu pada hasil dari analisa
manajemen organisasi.
Contoh Proposal Ilmiah Jurusan Sistem
Informasi
PROPOSAL ILMIAH
A.
JUDUL PENELITIAN
Aplikasi Informasi
Katalog Multimedia Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3
B.
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Masalah
Pada masa sekarang
ini, ada banyak jenis-jenis katalog tergantung fungsi dan kebutuhannya. Namun
pada dasarnya jenis katalog yang umum atau sering kita dengar merupakan sudah
sangat familiar. Katalog dalam dunia bisnis bagaikan sebuah jembatan komunikasi
antara produsen dengan konsumen.
Aneka kreasi
katalog dengan desain yang menarik ditawarkan dengan harga yang bersaing.
Konsumen bisa dengan cerdas memutuskan untuk membeli barang mana yang mereka
suka hanya dengan membaca katalog bisnis. Hemat waktu dan efektivitas pekerjaan
pun akan tercapai melalui sarana katalog (Anneahira, 2010). Ketika anda berniat
untuk melakukan promosi dan ingin membuat aplikasi katalog elektronik, hal yang
harus diperhatikan adalah membuat aplikasi yang user-friendly atau artinya
janganlah membuat calon konsumen anda dibuat sulit untuk mengerti dalam
pengoperasian aplikasi katalog yang anda buat (Anneahira, 2010). Katalog dikemas
dalam bentuk multimedia yang menampilkan informasi secara jelas dan mudah
dimengerti. Dalam hal tersebut membuat saya berpikir untuk membuat aplikasi
katalog yang berhubungan dengan musik, karena setelah saya melihat dan mencari
pada media internet masih sedikit untuk pembuatan aplikasi katalog musik untuk
dijadikan peluang bisnis saat ini.
Dari permasalahan
tersebutlah yang menjadikan landasan utama dalam pembuatan Penulisan Ilmiah
ini. Pembuatan aplikasi sederhana ini akan diawali dengan “Aplikasi Informasi
Katalog Multimedia Musik Menggunakan Swishmax 4 dan Adobe Photoshop CS3”.
Batasan Masalah
Batasan masalah
yang penulis ambil dari penulisan ilmiah ini yaitu perancangan aplikasi katalog
yang banyak memiliki informasi tentang beberapa tampilan animasi, asal-usul
dari penyanyi tersebut, dan informasi-informasi menarik untuk memikat konsumen
yang ada dengan penggunaan Swish Max4 tanpa terhubung dengan konektifitas
internet dan juga didukung dengan aplikasi Adobe Photoshop CS3 yang digunakan
dalam pembuatan aplikasi tersebut.
Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dari
penulisan ilmiah ini adalah untuk memberikan inovasi lain dalam katalog musik
dan juga informasi menarik yang dapat dinikmati, tidak sekedar mendengarkan
musik. Namun lebih ingin mencoba sesuatu yang simpel, baru dan unik serta
memberikan tambahan inovasi baru terhadap jenis-jenis katalog yang sudah kita
ketahui sebelumnya.
Metode Penelitian
Dalam menyusun dan
menyelesaikan penulisan ini, penulis melakukan pencarian data dengan
menggunakan metode studi pustaka, browsing di internet serta mempelajari dari
buku-buku referensi yang membahas tentang pembuatan aplikasi tersebut.
Pembuatan aplikasi
ini membutuhkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
Perangkat keras yang digunakan saat membuat aplikasi adalah satu unit personal
komputer lengkap dengan CPU, Keyboard, Mouse, Monitor dan Sound System.
Spesifikasi CPU
yang lebih detail adalah :
·
Processor : Dual Core ES200
2.5GHz
·
Memory (RAM) : 1 GB (APOG)
·
Hard Disk : 160 GB (Hitachi)
·
Video Card : GeForce 9300 GS
Perangkat lunak
(software) yang digunakan antara lain :
·
SWISH Max4
·
Adobe Photoshop CS3
Wave Pad Sound
Editor V5.22
Sistematika
Penulisan
Dalam penulisan,
penelitian ini dijelaskan dalam 4 bab. Sistem penulisan bab dan gambaran isi
masing-masingnya adalah sebagai berikut
:
Bab I PENDAHULUAN
Menjelaskan tentang
latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan
serta sistematika penulisan.
Bab II LANDASAN TEORI
Menjelaskan tentang
teori-teori mengenai yang berhubungan dengan katalog, musik dan
software-software yang dipakai untuk membangun aplikasi informasi ini.
Bab III ANALISA PEMBAHASAN
Menjelaskan tentang
tata cara pembuatan aplikasi informasi katalog musik yang meliputi penjelasan script
yang menghubungkan antar scene/halaman aplikasi, memasukkan objek ke scene/halaman,
memberikan efek animasi, serta menuliskan/memasukkan script pada scene. Dengan
menggunakan SWISH Max4 dan Adobe Photoshop CS3.
Bab IV PENUTUP
Terdiri dari
Kesimpulan dan Saran yang diperoleh dari pembahasan Penulisan Ilmiah.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar