Selasa, 15 Oktober 2013

Membuat program dengan OpenGL


Saat ini saya di minta untuk membuat garis vertikal, horizontal dan diagonal dengan OpenGL. Sebenarnya saya belum tahu apa itu OpenGL dan bagai mana cara menggunakannya. Kemudian saya diberi tahu apa itu OpenGL. Sehingga saya dapat menyelesaikan tugas dari matakuliah Grafik Komputer & Pengolahan Citra. Berikut ini penjelasan singkat menegenai OpenGL dan aplikasi-aplikasi apa saya yang di perlukan untuk mendukungOpenGL. Serta cara penginstallan dan cara pembuatan garis-garis yang diminta menggunakan OpenGL. Sebelumnya apakah anda tau pengertian OpenGLya disini akan dibahas OpenGL yaitu OpenGL (Open Graphics Library)[3] adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platform API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang adegan-adegan kompleks dari bentuk-bentuk primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, realitas maya, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dansimulasi penerbangan. Pada pembuatan garis kali ini saya menggunakan DEV C++ sebagai IDE(Integrated Developmet Environment) untuk membuat program ini.
Peralatan yang digunakan untuk membuat program ini antara lain :

1. DEV C++ Sebagai IDE(Integrated Developmet Environment),Jika belum punya bisa download di :

http://www.bloodshed.net/dev/devcpp.html 

2. Header Glut (Header yang digunakan untuk menuliskan program OpenGL)

Jika belum punya bisa download di 
http://www.javaforge.com/doc/105278

Nah setelah dua peralatan tersebut anda miliki silakan instal DevC++ nya,setelah selesai instal DevC++ instal header Glutnya dengan Cara berikut :

1. Buka Dev C++

2. Klik Menu Tools Lalu Pilih Package Manager


3.lalu akan muncul jendela Package manager,klik ditombol instal lalu arahkan ke lokasi anda menyimpan file header Glut yang sudah anda download sebelumnya.


Ganti Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip ) terbaca


4.lalu klik open dan instal sampai selesai.

Membuat project baru

Setelah berhasil menginstal DEV C++ beserta header untuk OpenGL, sekarang mulai membuat program dengan membuat project baru, dengan langkah sebagai berikut :

- Klik menu File > Pilih New > Project .
- Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL lalu  beri nama Project.


Setelah anda membuat project baru dengan cara diatas Form Source Code yang anda lihat bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini saja .



1. Garis Vertikal


Untuk Membuat garis Vertikal tuliskan code berikut setelah komentar /* OpenGL animation code goes here */ :

 /*Untuk membuat garis Vertikal*/

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();             //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

glClearColor(1,1,1,0);     //[untuk menentukan warna garis/titik]

glColor3f(1,1,1); //         [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);                //[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f(0.10,10.0,13.13);  //[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,0.0);                // [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd ();             //[untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix (); //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);

        }
    }

    /* shutdown OpenGL */

Setelah anda menuliskan code tersebut sekarang coba jalankan file dengan mengcompile project dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output .



berikut ini hasil output dari program diatas :



2. Garis Horizontal

Caranya sama seperti membuat garis vertikal hanya saja Code yang dituliskan seperti berikut :

 /* OpenGL animation code goes here */
 /*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f); //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix();           //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);  //[untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //      [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);               //[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   //[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        //[ untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     //[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]

glEnd();             ////[untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix(); //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]

Sleep (1);
        }
    }

    /* shutdown OpenGL */

Menjalankannya pun sama dan akan menghasilkan output seperti gambar berikut :




3. Garis Diagonal

Code yang dituliskan adalah Seperti berikut :

/* OpenGL animation code goes here */

 /*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  //[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);  //[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]

glPushMatrix ();           //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

glClearColor(1,1,1,0);   //[untuk menentukan warna garis/titik]

glColor3f(1,1,1); //       [untuk menentukan warna garis/titik]

glBegin(GL_LINES);        //[untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]

glVertex3f(0,0,-0.8);        //[ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);    //[ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]



glEnd ();              //[untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]

glPopMatrix ();  //[Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC); //[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]


Sleep (1);

        }
    }



    /* shutdown OpenGL */



Maka hasil Outputnya akan seperti gambar berikut :



Itulah cara membuat garis vertikal,horizontal dan diagonal dengan DevC++ pada OpenGL.